Pria Asal Indonesia Meninggal Pasca Transplantasi Liver di Kobe




Seorang pria berumur 50-an tahun meninggal setelah menerima donor transplantasi lover di sebuah rumah sakit di Kobe pada Maret silam. Kejadian tersebut meningkatkan angka kematian menjadi 7 dari 10 pasien yang telah menjalani operasi transplantasi.

Pria tersebut menerima bagian dari liver saudara perempuannya di Kobe International Frontier Medical Center. Namun, ia meninggal Desember 2015.

Berita mengejutkan pada April silam mengenai tingginya angka kematian diantara penerima transplantasi liver membuat institusi medis yang dibuka pada November 2014 tersebut harus menghentikan sementara operasi medisnya pada November 2015. Selain itu mereka juga harus menarik kliniknya di Singapura dan proyek di Indonesia.

Pria tersebut, merupakan orang ketujuh yang menerima transplantasi donor liver di rumah sakit terkait, ia ditransfer ke institusi medis lainnya di Kobe setelah penghentian sementara operasi medis di KIFMEC.

Setelah operasi transplantasi, saudara perempuan dari pria tersebut menderita komplikasi di pembuluh darah di livernya yang membuatnya tersumbat dan ia pun harus menjalani 2 operasi untuk memperbaikinya.

Dari 10 orang yang menerima transplantasi donor liver di rumah sakit tersebut, 5 diantara meninggal dalam waktu sebulan setelah operasi.

Transplantasi terakhir dilakukan pada bulan Oktober setelah pihak rumah sakit mengatakan panel dari pakar eksternal telah memberikan lampu hijau untuk melanjutkan operasi. Namun pasien yang merupakan seorang pria asalh Indonesia tersebut meninggal pada Januari kemarin.

Pemerintah Kota Kobe telah menginspeksi rumah sakit terkait pada Juni setelah sekelompok ahlo bedah transplantasi liver di seluruh Jepang menyimpukan bahwa sebagian kematian dapat dihindari apabila staf medis mengamblik pendekatan berbeda.

Koichi Tanaka, direktur dari rumah sakit dan dokter bedah yang menjalankan transplantasi tersebut, membantah tuduhan malpraktik.

Sumber: Japan Today

Foto: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment



About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.