ANA dan JAL Alihkan Penerbangan akibat Roket Korea Utara




Dua maskapai penerbangan terbesar di Jepang menyatakan pada hari Jumat (5/2) bahwa mereka akan mengganti rute beberapa penerbangan karena Korea Utara merencanakan peluncuran satelit yang mengangkut roket pada bulan ini.

All Nippon Airways dan Japan Airlines mengatakan pada 8-25 Februari mereka akan mengalihkan pesawat yang terbang di atas perairan Filipina yang menjadi lokasi perkiraan jatuhnya beberapa bagian misil dan puing setelah peluncuran.

Pergantian tersebut akan mempengaruhi 3 penerbangan ANA dari Bandara Haneda Tokyo ke Manila, dari Manila ke Bandara Internasional Narita Tokyo, dan dari Jakarta ke Narita. Sementara itu 2 penerbangan JAL juga akan dialihkan rutenya, yakni dari Jakarta ke Narita dan dari Narita ke Manila. Semua penerbangan diperkirakan akan terlambat sekitar 5 hingga 10 menit.

Sanksi yang dijatuhkan oleh PBB untuk mencegah Korea Utara menggunakan teknologi balistik misil, dan peluncuran tersebut membuat mereka melakukan pelanggaran besar atas resolusi Dewan Keamanan PBB setelah sebelumnya dilakukan tes nuklir keempat pada bulan lalu.

Korea Utara bersikeras bahwa program luar angkasanya murni ilmiah, namun PBB dan aliansinya termasuk Korea Selatan mengatakan bahwa peluncuran roket ditujukan untuk mengembangkan misil balistik antarkontinen yang mampu menyerang daratan Amerika Serikat.

Sumber: Japan Today
Gambar: Google

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.