Pria keterbelakangan Yang Bermimpi Menjadi Cerdas Dalam Algernon Ni Hanataba O




  • Judul :Flowers for Algernon
  • Romaji :Algernon ni Hanataba o
  • Kanji :アルジャーノンに花束を
  • Direktur : Ken Yoshida,Masahiro Sakai, Ayato Matsuda
  • Penulis : Daniel Keyes(novel), Shinji Nojima,Natsuko Ikeda
  • Bahasa : Jepang

Sakuto (Tomohisa Yamashita), seorang pria berumur 29 tahun yang mengalami keterbelakangan dengan pikiran seperti anak kecil. Ia bekerja dan tinggal di sebuah toko bunga dimana pemilik toko tersebut kenal kepada ayahnya.

Sejak umur 15 tahun ia telah dititipkan pada pemilik toko tersebut. Ia berpisah dengan orang tuanya sejak itu, ayahnya telah meninggal dan ibunya tidak ingin bertemu dengannya karena ia merasa benci terhadapnya.

Di suatu tempat penelitian milik pemerintah ternyata mereka sedang meneliti penyakit seperti yang diderita Sakuto dan mencari obat yang dapat menyembuhkannya.

Mereka mencoba penelitian mereka melalui tikus, seekor tikus mampu melewati tantangan yang mereka buat tanpa melakukan kesalahan. Dengan berhasilnya uji coba pada tikus itu, mereka merasa telah menemukan ramuan yang tepat untuk penyakit tersebut.

Suatu hari mereka kedatangan seorang pekerja baru yang baru saja keluar dari penjara dan memang rata-rata pekerja disana ialah mantan narapidana yang ingin memperbaiki hidupnya.

Ia adalah Kousuke (Asuka Kudo), pria itu dikerjai oleh Sakuto dan kawan-kawannya tetapi ia kesal dan memarahi Sakuto hingga menangis.

algernon

Tikus yang menjadi bahan uji coba, Algernon, kabur dari kandangnya karena terbuka sendiri. Saat mendapat kabar tersebut, kepala penelitian itu segera memerintahkan semua anak buahnya untuk mencari tikus itu karena terdapat GPS ditempatkan di kepalanya.

Algernon bertemu dengan Sakuto di taman setelah suatu kejadian menimpanya. Ternyata tikus tersebut mengikutinya sampai ke tempat tinggalnya.

Saat Sakuto ingin mengembalikan Algernon ke jalanan Shibuya, ia tidak sengaja bertabrakan dengan seorang wanita. Wanita itu bernama Rio Kawaguchi (Mitsuki Tanimura), ia membutuhkan seseorang untuk dijadikan pacar pura-puranya.

Akhirnya mereka mendatangi sebuah pesta di klub, disana Rio bertemu temannya untuk membuktikan ia bisa mendapatkan pacar. Wanita berambut pendek itu mendapat tantangan dari temannya dan ia dapat melewatinya.

Seorang wanita dari penelitian tersebut, Haruka (Chiaki Kuriyama), mendatangi toko karena dari GPS tikus itu ada di lokasi tersebut. Sakuto belum bisa melepas Algernon saat malam itu.

Haruka memohon pada Sakuto untuk menyerahkan Algernon padanya dan ia menukar antingnya agar Sakuto menyerahkan tikus putih tersebut. Dan akhirnya ia menyerahkan tikus tersebut agar kembali kepada mamanya.

algernon 2

Tempat penelitian tersebut mencari orang yang akan dipakai untuk menjadi percobaan pertama dari penemuannya tersebut. Haruka merekomendasikan Sakuto untuk menjadi kandidat pada hal tersebut.

Tetapi orang yang merawatnya sekarang menolak dan menyuruh Haruka untuk bertemu dengan ibunya. Apabila ibunya mengizinkan maka ia tidak bisa apa-apa lagi.

Akhirnya Haruka mengunjungi ibu dari Sakuto dan ia sama sekali tidak dibukakan pintu. Keesokan harinya wanita itu mendatangi lagi rumah tersebut, ibunya mengatakan terserah padanya dan berkata bahwa Sakuto itu bukan anaknya lagi.

Dengan hal itu Haruka langsung menanyakan hal itu langsung pada Sakuto “Apa Sakuto ingin menjadi pintar?” katanya. Ia membawa Sakuto ke laboratorium untuk mengunjungi Algernon dan melihat-lihat.

Ketua penelitian tersebut segera ingin bertemu dengan Sakuto untuk berbincang dengannya dan memberitahu bahwa ia akan segera menjadi pintar setelah mendapat pengobatan disini.

Mereka langsung melakukan penelitian pada Sakuto, awalnya berupa tes dari gambar-gambar. Selanjutnya tes ingatan pada jalan apakah ia akan sampai tujuan atau tidak. Tapi itu semua masih belum cukup, mereka masih harus memenuhi laporan untuk kebiasaannya setiap hari.

Akhirnya diputuskan bahwa operasi akan diadakan pada minggu depan asalkan Haruka berjanji menemaninya selama operasi berlangsung. Sakuto yang belakangan ini sering tidak masuk kerja membuat teman-temannya khawatir.

Tidak ada yang mengetahui apa yang dilakukan Sakuto saat ini. Dan akhirnya bos mereka bercerita bahwa Sakuto akan dioperasi dan hal itu akan membuatnya pintar. Sakuto membuat keputusan tersebut karena ia ingin pintar dan ingin menjadi setara dengan semua orang.

Tiba saat operasi, Haruka tidak datang pada operasi tersebut dan Sakuto melarikan diri dari ruang operasi. Pria itu mendatangi tempat tinggal Haruka untuk menagih janjinya dan akhirnya Haruka menepati janjinya.

Operasi telah selesai dan efeknya belum terlihat. Dan pertandingan baseball pun dimulai, tim yang terdiri dari pekerja di toko bunga sudah mempersiapkan diri. Sakuto termasuk didalamnya tetapi ia digantikan oleh Kousuke.

Mereka tertinggal satu poin sementara, tiba giliran Kousuke memukul tapi tiba-tiba ia berpura-pura cedera agar Sakuto dapat bermain. Haruka memberi semangat dari bangku penonton dan mencetak home-run.

tumblr_no420l64YI1tanzszo3_1280

Mungkinkah itu titik balik untuk Sakuto dan dia menjadi cerdas? Ataukah itu hanya kebetulan? Dan bagaimanakah kisah cintanya dengan Haruka?

Drama ini menyajikan kisah seorang pria yang mengalami keterbelakangan yang diperankan oleh Tomohisa Yamashita atau yang biasa disebut Yamapi.

Cerita yang cukup mengharukan layak untuk diberi kesempatan walau drama ini belum masuk dalam daftar salah satu drama terbaik di tahun ini.

Disini terdapat istilah-istilah kedokteran yang mungkin akan sedikit membuat bingung tetapi telah disajikan penjelasan singkat di sudut-sudut layar agar kita mengerti maksudnya. Patut diberi kesempatan pada drama ini, walaupun seperti drama kebanyakan.

Drama ini diangkat dari sebuah novel karya Daniel Keyes yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1959 dan mendapat respon bagus dari para pembacanya. Silahkan ditonton dramanya dan mungkin juga untuk membaca bukunya.

BE THE FIRST TO COMMENT

Leave a Comment




About thedailyjapan 1817 Articles
Portal Informasi terlengkap dan tips wisata ke Jepang. Kuliner, Budaya, Musik, Film, Hiburan, Olah-Raga, Event dan kota-kota terbaik di Jepang.